Kamis, 14 Januari 2016

Melawan Global Warming


Saya sedikit mengikuti kemajuan teknologi dalam rangka melawan Global Warming antara lain:
Ø Mengubah selulosa dari rumput, kayu, jagung menjadi ethanol, menggunakan cyanobacteria.
Ø Algae hijau yang diberi makan gas buang co2 pabrik, + matahari untuk dipanen menjadi ethanol dan biodiesel, efisiensinya paling tinggi diandingkan proses berbahan baku jagung, kelapa sawit.
Ø Ada juga reaktor dari bakteri yang memakan sampah organik dari air comberan dan menghasilkan listrik, cukup untuk menghidupi fasilitas pemurnian air comberan tsb (blm bisa sih bersaing dengan Reaktor ramah lingkungan lain) sorry rada OOT seinget saya juga menhasilkan hidrogen ternyata salah.
Ø Yang lebih menjanjikan ialah lapisan Nanoantenna yang flexibel pada lembaran plastik, walau dalam tahap perkembangan namun efisiensinya diatas panel photovoltaic dalam menyerap sinar surya. Dapat diaplikasikan pada "kulit" mobil hybrid. Alat ini bersifat mendinginkan karena sinar yang diserap ialah sinar infrared rentang tengah yang masih di pancarkan oleh bumi walau sang surya sudah bobo. Jadi 24jam non stop. Dapat juga di untuk menyerap panas pemangkit listrik batubara.
Ø Yang terbaru ialah satelit yang menyerap energi surya, dan kemudian mengirimkannya ke bumi menggunakan microwave. Proyek mahal tapi energi yang didapat besar sekali dibanding penyerapan di atmosfer.Dengan model diameter 1 mil bisa menghasilkan listrik 5- 10 Gigawatt. Sebetulnya ide nya sudah lama, dari jepang kalau ga salah, tapi proyek ini saran NASA untuk Obama atau McCain.
Ø Mobil hidrogen dijual oleh honda tahun ini di california, dan jepang, walaupun di calif. ada spbu hidrogen, tapi honda juga membuat spbu mini untuk dirumah, yang menggunakan LNG untuk membuat hidrogen (emisi co2 nya masih lebih rendah 30% daripada bensin) kedepannya bakal diupgrade dengan Solar cell, kincir angin.
Ø Listrik yang dihasilkan oleh solar panel, sekarang sudah bisa langsung memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen, yang langsung dengan mudah disimpan dalam tabung. Sebagai alternative dari accu yang mahal.
Ø Belum lagi Mobil dengan tenaga angin terkompresi, yang emisinya ramah lingkungan, tidak seperti mobil ber-ethanol yang katanya, gas buangnya juga beracun, walaupun tidak ber CO2.Tapi sudah ditemukan pula cara mengubah ethanol menjadi hidrogen dengan efisiensi tinggi yaitu 90%.
Mobil tenaga angin(terkompresi) ini, bisa jalan 2000 km hanya dengan 1 liter bensin, ga perlu ac karena angin yang dipake mesin pembuangannya cukup dingin kalo gak salah sekitar 15 centigrade atau -15, kok bisa ya?.
Ø Berbicara tentang penyimpanan energi, ditemukan pula material graphene yang terbuat dari atom karbon setebal 1 atom dengan luas permukaan seluas lapangan sepakbola tiap 1/500 pound, yang berarti sebagai ultra capacitor dapat lebih banyak menyimpan ion positif dan negatif sekitar 2 kali lipat. Keuntungan ultra capacitor dibanding batere ialah kapasitas power besar, awet, lebih tahan panas, ringan, lebih fleksibel, maintenance rendah.
Ada juga gabungan super capacitor dengan batere lead acid. Kinerjanya diatas batere biasa karena dapat mengisi dan membuang muatan lebih cepat dg efisiensi tinggi (Cocok untuk mobil).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar